About

Nasehat Ulama ketika Wabah Corona

✅Nasehat dari Syaikh Abdulatif As syamani (salah satu pengajar di masjid nabi salallahu 'alaihiwasallam)

Allah memiliki hikmah yang luar biasa pada setiap takdir Nya, Ia membuat dan menghukum sesuai apa yang Ia kehendaki, Ia timpakan bala' pada kita untuk menguji iman dan keyakinan kita pada Nya, mengingatkan kita tatkala kita mulai lalai dan jauh dari syari'at Nya, walau demikian, Ia masih tetap menyelamatkan kita dari setiap kesulitan,

*{Katakanlah: "Allah yang menyelamatkan kamu dari bencana itu dan dari segala macam kesusahan}

(Al-An'am:24)*

Allah panggil kita untuk bertaubat agar bala' itu hilang dan kebaikan serta keberkahan kembali bersemi, maka sudah saatnya kita kembali kepada Nya.

✅Hari-hari ini kita di wajibkan bahkan sangat perlu bagi setiap kita untuk tinggal dirumahnya, maka tetaplah dirumah masing-masing, perbanyaklah ibadah, terutama shalat-shalat fardhu, dan tetaplah shalat pada waktunya berjamaah bersama keluarga dan anak-anak dirumah, dan hendaknya kita memperbanyak ibadah-ibadah sunnah, semoga Allah mengangkat bala' dan kegundahan yang menimpa umat saat ini.

✅Dahulu masruq seorang tabi'in berdiam dirumahnya di hari-hari dimana wabah tho'un merebak dikala itu, beliau berkata: "saat ini adalah hari-hari yang menyibukan, dan aku ingin menyindiri untuk ibadah". Dan sungguh saat itu dia benar-benar fokus hanya untuk ibadah. Istrinya berkata: "terkadang aku duduk di belakangnya sambil menangis, karena sedih melihat apa yang ia lakukan pada dirinya, terkadang dia shalat sampai-sampai kedua kakinya bengkak."

✅Maka wahai saudaraku, tidaklah pantas menjadikan kesibukan kita saat ini hanya dengan berita dan menyebarkan berita lebih di bandingkan kesibukan kita dengan ibadah, yang mana ia merupakan sebab datanganya kemudahan dan terangkatnya bala'.

✅Dan semoga Allah mengangkat kegundahan dan menghilangkan wabah ini dari kita dan kaum muslimin, dan memberikan taufiq Nya kepada pemimpin-pemimpin kita, para ulama dan pihak-pihak yang berwenang, serta menolong mereka, menguatkan langkah-langkah mereka dan membalas jasa baik mereka atas kita dan kaum muslimin dengan kebaikan yang melimpah.. ?️[Yang senantiasa mengharap ampunan Tuhannya Abdullatif bin syalouh as-syamani Semoga allah mengampuninya, kedua orang tuanya dan kaum muslimin..amiin] teks arabnya لله الحكمة البالغة فيما يقضي يفعل ما يشاء ويحكم ما يريد ، يبتلينا ليختبر إيماننا ؛ ليختبر صدقنا ؛ ليذكرنا حين غفلنا عنه وابتعدنا عن شرعه سبحانه ؛ ومع ذلك كله ينجينا من كل كرب ( قل الله ينجيكم منها ومن كل كرب ) ويدعونا إلى التوبة ليزول البلاء وتحل الخيرات والبركات ؛ فلنقبل على الله . أُمرنا هذه الأيام للضرورة أن نلزم بيوتنا فلنلزمها ولنكثر من العبادة فيها وخاصة الصلاة المفروضة ولنحرص عليها في وقتها جماعة مع أهلينا وأولادنا ولنكثر من النوافل لعل الله أن يكشف البلاء والغمة عن الأمة ‏كان مَسْرُوق التابعي يمكث في بيته أيام الطاعون ويقول : *أيام تشاغُل فأحب أن أخلو للعبادة* فكان يتنحى فيخلو للعبادة قالت زوجته : فربما جلست خَلْفَهُ أَبْكِي مِمَّا أَرَاهُ يَصْنَعُ بِنَفْسِهِ وَكَانَ يُصَلِّي حَتَّى تَوَرَّمَ قَدَمَاهُ . فلا يكن أحبتي انشغالنا بالاستخبار والإخبار أكثر من انشغالنا بالعبادة التي هي سبب للفرج وكشف البلاء فرج الله الهم وكشف الغم وأذهب البأس عنا وعن المسلمين ووفق ولاة أمرنا وعلماءنا ومسؤلينا وأعانهم وسددهم وجزاهم عنا وعن المسلمين خيراً . الفقير إلى عفو ربه عبداللطيف بن شلوه الشاماني غفر الله له ولوالديه وللمسلمين