About

Sakit Jembatan Kebaikkan

🌀Sakit Merupakan Jembatan Kebaikkan. 

 Dalam meniti kehidupan ada banyak hal yang dengannya Allah uji seorang hamba yang mana hal tersebut dapat membawa seorang hamba kepada kebaikan ataupun kemurkaan, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan".

[Surah Al-anbiya : 35]

✅Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan serta menegaskan dengan firmanNya :

"Dan Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan"

✅Dalam ayat lain Allah berfirman :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

[Surah Al-Baqarah : 155]

📝Berdasarkan ayat-ayat tersebut jelaslah bahwa ujian akan terus ada atas seluruh hambaNya baik itu ujian yang disukai ataupun yang dibenci yang mana itu semua merupakan bentuk cobaan agar jelaslah yang mana dari hambanya yang akan selamat dengan cobaan tersebut ataupun yang celaka olehnya.

📍Salah satu bentuk ujian dan cobaan ialah ujian sakit. Ujian ini mungkin secara lahiriyah merupakan ujian yang memberatkan lantas tak disukai oleh kebanyakan manusia namun ketahuilah bahwa dibaliknya terdapat hikmah dan faidah yang begitu besar apabila kita menelisiknya jauh lebih dalam.

📌Saudaraku, berbahagialah dan manfaatkanlah waktu sakit tersebut karena dengannya engkau dapat meraup manfaat yang banyak serta terdapat keringanan serta kebahagiaan setelahnya dengan izin Allah.

❇️Lihatlah Nabi Ayyub alaihissalam ketika beliau tertimpa musibah diberi cobaan berupa penyakit yang amat berat berfirman, وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَى رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ (83) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَكَشَفْنَا مَا بِهِ مِنْ ضُرٍّ وَآَتَيْنَاهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُمْ مَعَهُمْ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَذِكْرَى لِلْعَابِدِينَ (84) “Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Rabbnya: “(Ya Rabbku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Rabb Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.” [Surah Al-Anbiya’: 83-84]

💟Lihatlah bagaimana beliau jalani hal tersebut dengan baik dan tanpa menyerah serta terus memohon kesembuhan dan kebaikan kepada Allah hingga Allah angkat penyakit beliau lalu Beliau pun hidup bahagia setelahnya karena

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6)

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu terdapat kemudahan. sesungguhnya sesudah kesulitan itu terdapat kemudahan.” (QS. Al insyirah: 1-8)

🔰Juga dengan sakit kita bisa bertadabbur dan merenung lalu sadar betapa besarnya nikmat sehat betapa berharganya nikmat sehat yang Allah karuniakan kepada kita lantas Masihkah hendak menyia-nyiakan karunia tersebut ?

❇️Maka dengan momen sakit inilah kita benar - benar merasakan nikmat sehat, dengan momen inilah momen yang dapat menghantarkan kita dekat kepada Allah.

🌀Maka saudaraku yang masih merasakan nikmat sehat, bersyukurlah atas nikmat ini dan gunakanlah nikmat sehat tersebut dengan baik.

♻️Dan teruntuk saudaraku yang sedang sakit, renungkanlah penggalian tulisan diatas, Yakinlah bahwa akan ada jalan kesembuhan ataupun kebaikan setelahnya.

❗Mengeluh bukanlah solusi yang ada itu hanyalah menambah tumpukan beban anda sendiri, ketika anda ridha dan menempuh upaya-upaya kesembuhan serta terus berdoa maka Yakinlah Allah tak akan menyia-nyiakan upaya hambaNya.

🖊️Penulis: Muhammad Ikram

Di Kota Nabi Jumadil Akhir 1441H ➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Silahkan dishare sesuai aslinya dan sumbernya.

💻website https://www.sapamuslim.com

📲Dapatkan pengingat waktu sholat, murotal ustadz Sunnah, dan artikel menarik lainnya di playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lhaksana.sapamuslim

📲Telegram&Instagram @sapamuslim